Bandung

About Me

My Photo
bennything
sedikit bicara, tapi kalau sudah bicara bisa "banyak"
View my complete profile

thefriends

Thursday, October 18, 2012

Origami, seni melipat kertas

Seni dari zaman dulu hingga zaman modern

Assalamualaikum..

Kali ini saya akan memberi sedikit informasi yang mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca, berawal dari keisengan teman saya membuat origami bangau lalu diikuti oleh saya dan akhirnya teman-teman saya yang lainnyapun terkena mabuk origami, maka populerlah seni "origami" disekitar saya dan teman-teman saya, hal inilah yang menginspirasi untuk membuat artikel ini.

Origami (折り紙, dari ori yang berarti "lipat", dan kami yang berarti "kertas") merupakan seni tradisional melipat kertas yang berkembang menjadi suatu bentuk kesenian yang modern. Origami merupakan satu kesenian melipat kertas yang dipercayai bermula sejak kertas diperkenalkan pada abad pertama di zaman Tiongkok kuno pada tahun 105 Masehi oleh Ts'ai Lun. Seni yang memanfaatkan kertas ini awalnya sangat sulit untuk dilakukan karena harga kertas yang pada waktu ini sangatlah mahal, tidak seperti jaman kita ini yang bisa mendapatkan kertas hampir di semua tempat.

Pada awalnya origami hanya terbatas pada bentuk / model-model tradisional seperti bangau dari jepang dan pajarita dari Spanyol. Sampai akhirnya Akira Yoshizawa (1911–2005) yang berhasil membuat inovasi dengan menciptakan model-model baru yang kemudian membawa perubahan besar dalam perkembangan origami. Beliau menciptakan sebuah sistem penggambaran sistemastis (yang disebut diagram)) untuk menunjukkan langkah-langkah pelipatan suatu model yang dapat disebarluaskan dan dipahami oleh banyak pihak. Sistem ini adalah dasar dari Sistem Yoshizawa-Randlett yang sekarang lazim digunakan untuk instruksi lipat model origami. (wikipedia) 
 
Pada zaman modern ini banyak sekali model-model origami, mungkin yang paling populer diantara kita adalah origami bangau, tapi selain origami bangau masih banyak sekali model-model origami di dunia ini seperti bunga, rumput, rubah katak, anjing, kucing dan masih banyak lagi,

(origami paling populer "origami bangau")

(origami rubah)

(origami bunga)

seperti gambar diatas, itu adalah beberapa dari jenis-jenis origami paling populer di dunia, dari ketiga gambar itu saya baru bisa membuat origami bangau dan rubah, untuk bunga masih sedikit sulit untuk diikuti, bagi pembaca yang berminat untuk bermain seni origami silahkan mencoba dan semoga menemukan inovasi yang lebih baru lagi. Sekian informasi yang dapat saya berikan semoga bermanfaat bagi pembaca dan penulis terimakasih.
 
Pembaca yang bijak meninggalkan jejak.. :-)

Wassalamualaikum..

0 comments:

Powered by Blogger.
animasi bergerak gif

Popular Posts